You are currently viewing 4 Tips Kredit Perumahan dengan KPR
Ilustrasi Kredit Perumahan

4 Tips Kredit Perumahan dengan KPR

Sebelum Anda berencana untuk kredit perumahan dengan KPR, penting untuk mengikuti tips-tips di bawah ini agar membeli rumah impian Anda dapat terwujud. Berikut simak ulasannya.

  1. Mengetahui Spesifikasi Rumah

Anda perlu mengetahui spesifikasi perumahan yang akan dibeli, misalnya sepert lokasi yang strategis, fasilitas memadai, di dalam kota , dan lain sebagainya. Dengan begitu, pengajuan KPR rumah Anda pun akan memiliki peluang yang besar untuk diterima. Umumnya, beberapa bank hanya menerima rumah dengan kondisi yang baik untuk KPR. 

  1. Perhitungkan Cicilan Per Bulan

Selain spesifikasi rumah, Anda pun perlu mengetahui dan memahami kemampuan finansial yang dimiliki. Pasalnya, hal ini sangat berpengaruh pada periode waktu serta bunga pinjaman.

Apabila Anda masih terbilang muda, maka lembaga penyedia KPR bisa memberikan cicilan yang lebih lama hingga 20 tahun untuk kredit perumahan. Gunakan kalkulator simulasi KPR agar Anda dapat mengetahui cicilan dalam perbulannya. 

  1. Mencermati Suku Bunga 

Umumnya, setiap bank atau lembaga keuangan yang menyediakan KPR, memiliki suku bunga yang berbeda-beda dapat berkisar 8% – 12%. Perbedaan suku bunga ini masih mengacu pada suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia atau BI.

Apabila Anda tidak cermat, maka dapat menyebabkan menumpuknya beban bunga KPR dan jika tidak seimbang dengan kondisi finansial Anda, beban pengeluaran akan menjadi tersendat. 

  1. Mempertimbangkan Tenor 

Selain hal di atas, hal penting yang perlu Anda pertimbangkan ialah  jangka waktu pelunasan atau juga tenor pilihan cicilan KPR 

Cicilan rumah KPR dengan tenor yang panjang akan memberikan Anda beban yang lebih ringan, sehingga cocok bagi Anda yang telah memiliki penghasilan tetap. 

Sedangkan, cicilan KPR dengan tenor pendek yang mana kurang dari 10 tahun akan lebih cocok bagi Anda yang telah memiliki ambisius dan berada di level manajerial di perusahaan. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk bisa menjual rumah lebih leluasa sewaktu-waktu apabila harus pindah ke luar kota atau luar negeri. Namun, yang perlu diperhatikan, bahwa tenor pendek memberikan beban cicilan yang lebih tinggi. 

Tentunya, sebelum memilih tenor untuk kredit perumahan, pastikan Anda telah mempertibangkannya dengan.

Leave a Reply