You are currently viewing Inilah 4 Cara Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita!

Inilah 4 Cara Untuk Mengetahui Masa Subur Pada Wanita!

Masa subur merupakan kondisi saat indung telur melepaskan sel telurnya yang siap dibuahi oleh sperma ke dalam tuba falopi (saluran indung telur). Kesempatan bagi seorang perempuan untuk hamil akan lebih tinggi jika sperma yang akan membuahi telah berada di dalam tuba falopi selama masa subur. Lalu, bagaimanakah cara mengetahui masa subur? Salah satunya dengan menggunakan aplikasi masa subur.

Cara Tepat Untuk Mengetahui Masa Subur 

Pada dasarnya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur dari seorang wanita, di mana dua cara di antaranya tidak memerlukan alat bantu apapun, yaitu dengan menggunakan metode kalender siklus menstruasi atau aplikasi masa subur, mengecek lendir serviks, mengukur suhu basal tubuh, dan menggunakan alat prediksi ovulasi atau ovulation test pack. Selain keempat cara di atas, bisa juga menggunakan cara mengetahui masa subur pada wanita yang lain seperti:

Meningkatnya Suhu Basal Tubuh

Bagi yang belum familiar dengan istilah ini, suhu basal merupakan suhu tubuh manusia saat bangun di pagi hari, di mana suhu normal tubuh manusia biasanya 35,5 sampai 36,6 derajat Celcius. Jika suhu tubuh basal terasa sedikit lebih tinggi daripada suhu normal maka tandanya sedang mengalami ovulasi atau masa subur. Supaya tidak membingungkan, untuk memantau suhu tubuh tersebut bisa menggunakan termometer khusus untuk suhu basal tubuh.

Terjadinya Perubahan Lendir pada Mulut Rahim

Salah satu indikator lain yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur adalah dengan melihat adanya perubahan pada lendir yang keluar dari mulut rahim yang bisa dipengaruhi dari hormone yang mengontrol siklus haid, di mana sebelum ovulasi lendir biasanya akan menjadi licin seperti putih telur.

Perasaan yang Lebih Bergairah

Cara mengetahui masa subur pada wanita lainnya adalah pada beberapa wanita akan merasa lebih bergairah dan juga lebih bersemangat serta lebih mudah bersosialisasi.

Terasa Nyeri Pada Perut atau Punggung

Untuk bisa mengetahui masa subur yang terjadi pada wanita biasanya beberapa akan merasakan nyeri ringan atau berat pada perut bagian bawah dan punggung dan juga dengan aplikasi masa subur.

Leave a Reply