You are currently viewing Tips Supaya Pengajuan KPR Rumah Cepat Disetujui
Ilustrasi Surat Jual Beli Rumah

Tips Supaya Pengajuan KPR Rumah Cepat Disetujui

Bank biasanya menyediakan pinjaman KPR yang fungsinya untuk memiliki rumah dengan fasilitas kredit. Tetapi ada beberapa pertimbangan yang biasanya dilakukan bank sebelum akhirnya menyetujui pengajuan KPR Anda. simak beberapa tips supaya pengajuan surat jual beli rumah cepat disetujui berikut ini.

Segera Melengkapi Dokumen

Anda harus memastikan bahwa dokumen yang dibawa sudah lengkap dan benar. Bank tidak segan menolak permohonan KPR Anda kalau ternyata masih ada yang kurang atau salah. Kalau Anda adalah karyawan, biasanya akan diminta slip gaji dari tempat bekerja. Kemudian dokumen penting seperti KPT, NPWP, ijazah terakhir, dan lainnya harus dibawa juga, 

Sudah Lolos BI Checking

Selain dokumen lengkap, Anda paling tidak sudah memiliki citra yang baik di Bank. Syarat tersebut pastinya bisa dipenuhi kalau sudah lolos BI checking. Jangan sampai terkena masalah penunggakan cicilan dan kasus hukum lainnya. kalau ini ada, nantinya pihak bank berhak untuk menolak surat jual beli rumah yang telah diajukan.

Rentang Usia Produktif

Biasanya bank akan memberi persyaratan usia untuk nasabah yang ingin mengajukan KPR. Batas usia produktif pada umumnya adalah mulai di atas 20 tahun dan di bawah 60 tahun. Kemudian juga diperkirakan berapa kira-kira usia Anda kalau pinjaman KPR lunas.

Kemampuan dalam Membayar

Bank biasanya akan mengecek kondisi keuangan Anda apakah nantinya mampu membayar atau tidak. Jadi ada baiknya Anda untuk memperbaiki kondisi finansial sampai stabil supaya bisa mendapatkan KPR dengan lebih mudah. ada beberapa bank yang mengharuskan jumlah minimal saldo tabungan. Anda bisa dibilang mampu kalau punya penghasilan tetap, serta mendapat diversifikasi dari bank.

Ada Persiapan DP

Jangan kira Bank akan memberikan pinjaman atau KPR jika Anda sama sekali tidak memiliki dana untuk DP. Jadi paling tidak siapkan uang sebagai DP dalam jumlah yang besar, hal ini karena bank tidak mau mengcover seluruh harga dari rumah tersebut.

Itu dia tips bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan persetujuan surat jual beli rumah lebih mudah dan cepat, cara ini sebenarnya adalah langkah dimana Anda bisa membangun kepercayaan dari bank itu sendiri.

Leave a Reply