You are currently viewing 5 Kelebihan Pinjaman Tanpa Jaminan
pinjaman tunai tanpa jaminan

5 Kelebihan Pinjaman Tanpa Jaminan

Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat di tengah ekonomi yang semakin hari kian merosot banyak masyarakat mencari pinjaman sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu bentuk pinjaman yang diminati masyarakat adalah pinjaman tunai tanpa jaminan. Selain proses yang mudah, program pinjaman tanpa jaminan ini memiliki berbagai kemudahan.

Pinjaman Tanpa Jaminan

Pinjaman adalah suatu bentuk transaksi hutang piutang yang mana uang yang telah dipinjamkan harus dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan. Biasanya suatu pinjaman dilakukan karena adanya kebutuhan mendesak. Namun secara umum hutang piutang tidak hanya berobjekkan uang namun dapat pula berbentuk barang.

Tidak banyak dari masyarakat yang kesulitan mengajukan pinjaman karena tidak memiliki barang jaminan. Sehingga proses pinjaman menjadi lebih lama atau bahkan gagal dilakukan. Sehingga dengan adanya pinjaman tanpa jaminan diharapkan menjadi angin segar bagi masyarakat yang hendak mengajukan pinjaman namun tidak memiliki barang jaminan.

Pinjaman tanpa disertai jaminan disebut juga dengan kredit tanpa agunan (KTA). Suatu pinjaman merupakan sebuah solusi alternatif yang dapat dijalankan oleh anda apabila anda berada dalam kesulitan ekonomi. Pinjaman tanpa jaminan salah satu program yang banyak diminati oleh masyarakat, sebab pada umumnya suatu pinjaman haruslah disertai dengan adanya jaminan.

Hal ini menjadi suatu bentuk kehati-hatian pihak pemberi pinjaman baik berupa badan hokum atau perseorangan ketika seorang peminjam tidak mampu membayar hutangnya. Apabila pinjaman tersebut tidak dapat dikembalikan maka barang jaminan dapat dijual atau dilelang, sehingga dana pinjaman dapat diterima kembali dari hasil penjualan barang jaminan.

Pinjaman tanpa jaminan atau KTA banyak ditawarkan oleh lembaga perbankan dan pinjaman online untuk mempermudah masyarakat mengakses dana pinjaman. Dengan demikian pihak peminjam tidak perlu menyertakan agunan ketika hendak mengajukan dana pinjaman. Namun proses pinjaman tanpa jaminan ini tidak lah mudah, sebab peminjam perlu memenuhi berbagai bentuk persyaratan.

Selain itu pinjaman tanpa jaminan juga akan melihat riwayat pinjaman calon nasabah serta tingkat risiko yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kredit macet yang akan merugikan perusahan peminjam atau orang yang meminjamkan dana.

Pada umumnya, barang yang dijadikan sebagai objek jaminan adalah sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB Motor atau BPKB Mobil, Emas dan lain sebagainya. Syarat barang yang boleh dijadikan sebagai objek jaminan adalah barang yang memiliki nilai sama atau lebih tinggi dari dana pinjaman yang diajukan.

5 Kelebihan Pinjaman Tanpa Jaminan

Menggunakan program pinjaman tanpa jaminan merupakan kemudahan yang disediakan oleh lembaga peminjam.  Adapun beberapa kelebihan dari program ini adalah sebagai berikut :

  1. Peminjam tidak perlu menyertakan barang jaminan. 
  2. Proses kredit yang sederhana.
  3. Biaya administrasi diambil langsung dari rekening peminjam.
  4. Dana pinjaman cepat cair.
  5. Bunga pinjaman disesuaikan dengan kebutuhan juga kemampuan peminjam.

Leave a Reply