You are currently viewing 4 Jenis Besi Hollow Untuk Konstruksi

4 Jenis Besi Hollow Untuk Konstruksi

Sebelum menggunakan besi hollow untuk keperluan konstruksi, ada baiknya untuk mempelajari dulu macam-macam jenis besi hollow. Dilihat dari daftar harga besi hollow, yang beragam dapat disimpulkan bahwa setiap jenis besi mempunyai fungsi berbeda-beda. Pada beberapa tempat jual besi hollow, material ini akan dikategorikan sesuai jenis dan fungsinya di bidang konstruksi.

  1. Hollow gypsum

Jenis besi hollow yang pertama yakni besi hollow gypsum. Jenis ini mempunyai bentuk kotak. Besi hollow gypsum ini dilapisi dengan bahan meni, galvanis dan stainless dengan ketebalan rata berkisar antara 0.3 sampai 0.4 mm. Besi hollow gypsum kebanyakan digunakan sebagai rangka pembuatan plafon rumah dan gedung. Sangat mudah menemukan jenis ini dipasaran, karena bagian luar besi hollow gypsum biasanya berwarna hijau atau merah.

  1. Hollow galvalume

Jenis besi hollow berikutnya biasa disebut dengan nama hollow galvalume, merupakan jenis besi hollow yang paling banyak diminati, karena kualitasnya yang bagus. Besi hollow galvalume dilapisi dengan bahan silicon, unsur besi dan coating aluminium. Bahan hollow galvalume tahan terhadap karat, walaupun sering terkena air hujan hingga terik matahari. Dibidang konstruksi, besi hollow galvalume ini dikenal pula dengan nama zinc aluminium.

  1. Hollow galvanise

Jenis besi hollow selanjutnya yakni besi hollow galvanis. Besi hollow galvanis mempunyai kualitas yang sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis hollow gypsum dan hollow galvalume. Besi hollow galvanis dilapisi dengan zinc coating. Hollow galvanis paling sering digunakan dalam pembuatan pagar dan kanopi atap. Penggunaan besi hollow jenis ini harus disertakan dengan lapisan coating aluminium.

  1. Hollow hitam

Berdasarkan namanya jenis ini terbuat dari baja hitam, mempunyai struktur tebal dan kuat. Paling banyak digunakan dalam pembuatan pagar. Besi hollow hitam mempunyai ukuran standar dan menjadi satu-satunya besi hollow dengan sedikit pilihan ukuran.

Itulah beberapa jenis besi hollow yang ada dipasaran dan sering digunakan dalam dunia konstruksi bangunan. Besi hollow mempunyai berbagai jenis ukuran dan bentuk, dan harga jual besi hollow ditentukan sesuai jenis dan ukuran.

Leave a Reply