You are currently viewing Kelebihan Dan Kelemahan Baja Ringan Yang Dihasilkan Oleh Pabrik Baja Ringan

Kelebihan Dan Kelemahan Baja Ringan Yang Dihasilkan Oleh Pabrik Baja Ringan

Pabrik baja ringan menghasilkan produk yang terbaik. Karena saat ini banyaknya produk lain yang sudah bermunculan, sehingga baja ringan diproduksi dengan mempertahankan kualitas terbaiknya. Baja ringan biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan bagian atap. Baik digunakan untuk pembangunan rumah, parkir, pabrik, gudang ataupun bangunan lainnya. 

Pabrik baja ringan dalam proses memproduksi produknya menggunakan perpaduan material baja galvanis, zinc atau seng, aluminium atau bahan lain yang sudah sesuai dengan standar SNI. Sehingga dapat menghasilkan rangka bangunan yang kuat, dengan proses pemasangan yang tidak terlalu rumit. Baja ringan memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  1. Kuat Stabil, baja ringan memiliki kekuatan menahan beban yang cukup kuat dan kekuatan tarik yang tinggi. Karena materialnya telah melewati proses uji ketahanan yang bagus. Jadi sangat cocok untuk dipasang pada bangunan dengan bidang yang luas. 
  2. Kualitas Terjaga, baja ringan diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi sehingga menghasilkan mutu yang konsisten dan terjaga selama bertahun-tahun. Konsistensi tersebut nantinya akan berpengaruh pada umur sebuah bangunan.
  3. Bobot Ringan, selain memiliki bobot yang ringan, produk baja ringan juga mengurangi resiko bencana gempa. Pada proses pemasangannya pun sangat cepat. Inilah yang membedakan baja ringan dengan rangka konvensional. 
  4. Lebih Awet, baja ringan ini dilapisi coating berteknologi tinggi sehingga bebas dari rayap, karat dan tidak akan mengalami penyusutan. Dengan begitu produk ini akan lebih awet sampai puluhan tahun. 

Setelah mengetahui keunggulan baja ringan, kali ini akan kita bahas kekurangan dari baja ringan iu sendiri: 

  1. Mudah terbawa angin, karena sifatnya yang ringan jadi mudah terbawa oleh angin kencang apabila dipasang dengan tidak teliti dan benar.
  2. Harga tidak murah, harga baja ringan tergolong mahal, namun tergantung merk yang ingin digunakan. 
  3. Tampilannya seperti acak-acakan, kerapatan kerangka baja ringan seperti acak tak beraturan, sehingga bisa merusak keindahan bangunan. 

Rentan roboh, apabila kerangka baja disusun dan tidak diperhitungkan dengan benar, maka dapat menyebabkan kegagalan hingga menyebabkan kerobohan.

Demikian penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan baja ringan yang dihasilkan oleh pabrik baja ringan.

Leave a Reply