You are currently viewing Inilah Kelebihan dan Kekurangan Besi WF

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Besi WF

Besi WF atau besi wide flange sering digunakan oleh pemborong dalam proyek pembangunannya. Terdapat beberapa kegunaan besi wf yaitu sebagai material pondasi bangunan maupun penyanggah sementara dalam proses pembangunan. Besi wf dikenal dengan daya tahan yang kuat untuk menahan beban sehingga sering dipilih oleh pemborong untuk membangun gedung atau jembatan.

Ada banyak toko jual besi wf di setiap daerah yang menyebabkan pencarian besi wf sebagai salah satu material bangunan yang penting menjadi mudah. Namun, meski banyak digunakan oleh pemborong karena kelebihannya, besi wf juga memiliki kekurangan. Ini dia kelebihan dan kekurangan besi wf.

Kelebihan Besi WF

  1. Besi WF sangat kuat menopang beban konstruksi sehingga cocok dijadikan pondasi bangunan atau jembatan
  2. Besi WF juga cocok dijadikan salah satu bahan material pembuatan rangka bangunan karena dapat menahan gaya horizontal dan gaya vertical yang disebabkan oleh gravitasi bumi.
  3. Besi WF memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga bangunan tidak runtuh
  4. Besi WF cocok dijadikan rangka bangunan mengingat struktur tanah yang tidak stabil
  5. Besi WF sangat ekonomis namun memberikan manfaat yang lebih

Semua toko jual besi wf biasanya akan mematok harga sekitar 200 ribu hingga 1 juta lebih untuk setiap 12 meter besi wf. Perbedaan harga tersebut dapat ditentukan berdasarkan lebar ukuran besi wf, jadi tak perlu heran jika ada toko yang menjual besi wf dengan harga hingga 1 juta karena ukuran lebarnya pasti berbeda dengan besi wf yang memiliki harga ratusan.

Setelah memahami kelebihan besi wf, pasti semua orang ingin menggunakan besi wf dalam proses pembangunan rumah atau gedungnya. Namun dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, ini dia kekurangan besi wf.

Kekurangan Besi WF

  1. Besi WF tidak memiliki ketahanan terhadap api sehingga rentan runtuh atau rusak jika terjadi kebakaran dalam bangunan 
  2. Pengiriman besi wf bisa dibilang cukup mahal jika pemesanan besi wf dari luar kota
  3. Besi WF perlu dicat secara berkala dan rentan mengalami karat jika terus menerus terkena udara dan air

Itulah kelebihan dan kekurangan besi wf yang harus diketahui. Namun meski memiliki kekurangan seperti mudah berkarat dan rentan terhadap api, besi wf ini masih sering sekali digunakan oleh pemborong. Mengingat kelebihan – kelebihan besi wf dinilai lebih menguntungkan dalam pembangunan. Terkadang, bukan hanya pemborong yang menyarankan penggunaan besi wf dalam konstruksi bangunan namun klien sendiri juga turut meminta penggunaan besi wf dalam pembangunan.

Toko jual besi wf kini dapat ditemukan dengan mudah secara offline dan online. Setiap pembeli besi wf dapat memutuskan sendiri apakah akan membeli besi wf di toko online atau toko bangunan terdekat saja.

Leave a Reply